SENGKANG, INFOUPDATE – Kepala Cabang Bank BPD Sulselbar Wajo, Ilham Wahid akhirnya angkat bicara terkait keluhan nasabah atas pelayanan yang dinilai kurang maksimal pada Hari Pelanggan Nasional pada Kamis, 4 September 2025 lalu
Ia menjelaskan bahwa terjadinya antrean panjang pada hari itu disebabkan tingginya jumlah nasabah yang datang. “Membludaknya nasabah saat itu, sehingga ada nasabah yang menunggu lama,” ujarnya.
Menurutnya, pelayanan di bagian teller dan customer service sebenarnya sudah disiapkan secara penuh. Namun, kendala terjadi karena kurangnya teller yang bertugas.
“Satu teller sudah resign dan kami telah meminta penambahan 2 orang teller di cabang. Hal inilah yang membuat pelayanan teller tidak maksimal, kami memohon maaf atas kondisi ini,” katanya.
Ia berjanji akan segera melakukan pembenahan, agar pelayanan di bagian teller kembali optimal. Penambahan tenaga dan peningkatan kualitas pelayanan disebut akan menjadi langkah awal dalam perbaikan.
Sebagai bentuk solusi sementara, bank juga telah menyiapkan teller khusus untuk pencairan dana desa dan teller khusus untuk pensiunan. Dengan begitu, layanan untuk dua segmen nasabah itu tidak bercampur dengan transaksi reguler.
Pihaknya juga menanggapi sorotan publik terkait penggunaan kaos saat melayani nasabah. Dijelaskannya, hal tersebut karena bertepatan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional.
“Baju kaos yang dipakai adalah seragam HPN, bukan berarti kami tidak profesional,” jelasnya.
Dengan beredarnya keluhan di masyarakat, pihak bank kembali menyampaikan permohonan maaf secara terbuka. “Kami akan terus berbenah agar ke depan pelayanan menjadi lebih baik dan nasabah merasa lebih nyaman,” tegasnya.